Jumat, 22 Agustus 2008

Memilih dokter yang tepat


Setelah mengetahui anda hamil,hal penting yang harus dilakukan saat ini adalah memilih dokter kandungan.Ini masalah penting dan serius karena bagaimana anda dapat melalui perjalanan kehamilan ini dan mempercayakan hal besar yang akan terjadi dalam hidup anda,bila anda sendiri tidak nyaman dengan dokter anda.


Beberapa petunjuk memilih dokter yang tepat bagi anda
1. Pilih dokter kandungan atau bidan
Yang pertama buatlah catatan apa yang anda inginkan,apakah anda menginginkan persalinan anda ditangani oleh dokter kandungan atau bidan.Bidan juga dibekali ilmu pengetahuan kebidanan yang dapat membantu anda menilai pertumbuhan dan perkembangan bayi serta membantu menolong persalinan yang normal.Tetapi,bila terjadi kasus kehamilan dengan komplikasi,bidan akan mengirim ke dokter kandungan untuk penanganan lebih lanjut.

2.Jangan malu bertanya
Bertanya dapat menjadi sumber informasi terbaik.Mulailah bertanya kepada teman,keluarga,kerabat yang sudah pernah atau yang baru-baru ini melahirkan,tentang pengalaman mereka dengan dokter atau bidan mereka.Tanyakan segala hal yang anda harapkan dari mereka.Semakin banyak informasi yang didapat akan mempermudah memutuskan dokter yang akan dipilih.

3. Dokter laki-laki atau wanita
Ini juga harus anda tentukan.Bila anda merasa lebih nyaman dengan dokter wanita,segeralah mencari informasi tentang dokter kandungan wanita dirumah sakit yang dituju.tapi pada prinsipnya dokter kandungan laki-laki maupun wanita sama saja.Sama-sama dibekali dengan ilmu kebidanan yang sama.

4. Jarak
Perhatikan juga jarak antara rumah dengan rumah sakit tempat dokter atau bidan anda bertugas.

5. Biaya
Anda juga dapat mencari informasi dahulu tentang biaya pemeriksaan,konsultasi,maupun persalinan di tempat dokter kandungan atau bidan bertugas.Informasi ini berguna untuk menyesuaikan dengan dana yang harus anda sediakan.

Bila akhirnya anda dapat memutuskan dokter kandungan atau bidan yang tepat dan cocok dengan anda,maka sekarang saatnya anda merawat dan menjaga kehamilan anda.

Tidak ada komentar: