Jumat, 22 Agustus 2008

Gejala dan tanda-tanda dini pada kehamilan awal


Mengetahui dirinya hamil untuk pertama kalinya merupakan saat yang tak terlupakan bagi seorang wanita.Untuk menilai apakah anda hamil,anda dapat melihat dari gejala dan tanda kehamilan yang terjadi pada tubuh atau dengan melakukan tes kehamilan.

* Pada kehamilan akan ditemukan beberapa gejala dan tanda-tanda awal kehamilan,yaitu:

1. Tidak mendapat haid/menstruasi

ini merupakan tanda awal adanya kehamilan.Menstruasi berhenti karena rahim dipersiapkan untuk kehamilan.Sebaiknya anda mengetahui Kapan Hari Pertama Haid Terakhir,yang dapat digunakan untuk menentukan usia kehamilan dan perkiraan kapan akan melahirkan.Hal yang perlu diingat adalah tidak mendapat haid selain sebagai tanda awal kehamilan juga dapat disebabkan oleh faktor lainnya.



2. Mual dan muntah

dikenal sebagai"morning sickness"karena rasa mual dan muntah ini biasanya terjadi pada pagi hari pada awal kehamilan,tapi bisa juga terjadi kapan saja.Hampir 50% wanita hamil mengalaminya,dengan tingkat berbeda-beda.Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormonal yang mendadak akibat proses kehamilan.



3. Sering buang air kecil

Terjadi karena kandung kemih tertekan oleh rahim yang membesar sehingga menimbulkan rasa ingin buang air kecil juga karena peningkatan hormon kehamilan.Keluhan biasanya dialami pada awal kehamilan dan berkurang pada kehamilan setelah 12 minggu dan timbul kembali setelah kehamilan 28 minggu.



4. Mengidam

Pada beberapa wanita akan merasa menginginkan makanan-makanan tertentu pada bulan-bulan pertama kehamilan.Belum diketahui secara ilmiah mengapa rasa seperti itu timbul.



5. Payudara membesar

Payudara akan menjadi lebih besar dan kencang.Puting susu membesar dan berwarna lebih gelap,kadang-kadang terasa gatal dan sakit serta lebih sensitif terhadap sentuhan.



6. Sembelit atau konstipasi

Sebagian wanita hamil mengalaminya karena adanya perubahan hormonal dan penekanan rahim yang semakin membesar.



7. Rasa mengantuk

Timbul rasa mengantuk yang berlebihan walaupun sudah cukup tidur,yang bukan disebabkan oleh kelelahan tetapi karena adanya perubahan hormonal selama proses kehamilan.



Setiap wanita tentunya memiliki gejala yang berbeda-beda dan bervariasi,ada yang ringan,berat,tapi ada juga yang tidak memiliki keluhan apapun.

Bila gejala-gejala diatas tidak ditemukan,anda dapat memastikan kehamilan dengan tes kehamilan lainnya,karena setiap wanita hamil adalah pribadi yang spesial,yang tentunya akan mempunyai keluhan dan gejala yang berlainan dan bervariasi.

Tidak ada komentar: